Firefox Terbaik yang Pernah Ada

Dengan E10s, versi Firefox terbaru kami berhasil menyeimbangkan antara memori dan kecepatan.

Di tim Firefox, satu hal yang sering kami dengar dari pengguna kami adalah mereka bergantung pada Web untuk berbagai tugas yang rumit seperti penyusunan rencana wisata dan membandingkan barang belanjaan. Seringkali hal seperti itu membutuhkan banyak tab terbuka. Dan situs dan aplikasi Web yang bekerja pada tab tersebut umumnya banyak hal yang terjadi di dalamnya – animsi, video, gambar berukuran besar dan masih banyak lagi. Situs yang rumit pun semakin umum. Ukuran rata-rata situs Web hari ini adalah hampir 2,5 megabita – seukuran dengan versi asli dari permainan Doom, menurut Wired. Hingga saat ini, sebuah situs rumit di dalam satu tab Firefox dalam memperlambat tab lainnya. Ini sering kali tidak menghasilkan pengalaman menjelajah yang sempurna.

[atube]xxBQVzUTbzc[/atube]

Untuk membuat Firefox jalankan situs rumit lebih cepat, kami telah ubah dengan menjalankannya dengan proses multi sistem operasi. Artinya? Firefox lama menggunakan proses tunggal untuk menjalankan semua tab di dalam satu peramban. Peramban modern membagi beban ke dalam beberapa proses independen. Kami menamakan proyek kami untuk membagi Firefox ke dalam multi-proses ‘Electrolysis’ (atau E10s) yang berasal dari proses kimia yang memisahkan air menjadi elemen intinya. E10s adalah perubahan terbesar ke kode Firefox dalam sejarah kami. Dan hari ini kami meluncurkan fase besar selanjutnya dari inisiatif E10s.

Firefox yang Lebih Cepat Dengan Empat Proses Konten

Dengan rilis hari ini, Firefox menggunakan hingga empat proses untuk menjalankan konten laman Web sepanjang semua tab yang terbuka. Ini berarti sebuah laman Web berat nan rumit di dalam satu tab memiliki dampak yang lebih kecil kepada responsivitas dan kecepatan pada tab lainnya. Dengan memisahkan tab ke dalam proses-proses terpisah, kami memanfaatkan perangkat keras di komputer Anda lebih baik, sehingga Firefox dapat menghadirkan Anda lebih banyak Web yang Anda cinta, dengan sedikit menunggu.

Saya telah beraktivitas dengan fitur ini menyala secara baku di Firefox versi pra-rilis (Nightly). Peningkatan performanya sangat menakjubkan. Selain berjalan lebih cepat dan jarang bermasalah, E10S membuat situs Web terasa lebih lancar. Bahkan laman sibuk, seperti umpan berita Facebook, muncul dengan sangat bersih dan lancar. Setelah beralih ke Firefox dengan E10s, sekarang saya tidak dapat hidup tanpanya. Firefox 54 dengan E10s membuat situs berjalan jauh lebih baik pada semua komputer, terutama pada komputer dengan memori kecil. Firefox menargetkan untuk mendapatkan keseimbangan yang tepat antara kecepatan dan penggunaan memori. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang arsitektur multi-proses Firefox, dan bagaimana ini berbeda dengan Chrome, cek tulisan Ryan Pollock tentang pencarian peramban Goldilocks.

Multi-Proses Tanpa Pembengkakan Memori – Firefox Menangkan Perbandingan Penggunaan Memori

Di dalam tes kami membandingkan penggunaan memori pada berbagai peramban, kami menemukan bahwa Firefox menggunakan lebih sedikit RAM daripada peramban lainnya pada Windows 10, macOS dan Linux. (RAM adalah singkatan dari Random Access Memory, sebuah jenis memori yang menyimpan aplikasi yang Anda jalankan secara aktif.) Ini berarti bahwa dengan Firefox Anda dapat menjelajah dengan bebas, namun tetap memiliki cukup memori tersisa untuk menjalankan aplikasi yang Anda ingin gunakan di komputer Anda.

Firefox Terbaik yang Pernah Ada

Ini adalah rilis Firefox terbaik yang pernah ada, dengan peningkatan yang akan sangat dirasakan hingga pengguna umum dari peramban kami tercinta. Beberapa peningkatan lainnya dikapalkan di Firefox hari ini, dan Anda dapat mengunjungi catatan rilis kami untuk melihat daftar lengkapnya. Jika Anda seorang pengembang Web, atau jika Anda mengembangkan ekstensi/pengaya peramban, cek Hacks Blog untuk membaca tentang Web Platform terbaru dan WebExtension API yang dikapalkan hari ini.

Sementara kami terus menghasilkan kemajuan di dalam Project Quantum, kami akan mendorong terus dalam membangun peramban yang benar-benar dirombak total dan dibuat untuk komputasi modern. Ini adalah tujuan kami untuk membuat Firefox sebagai peramban tercepat dan terhalus untuk PC dan perangkat selular. Hingga akhir 2017, Anda akan melihat beberapa lompatan besar di dalam kapabilitas dan kinerja dari Tim Firefox. Jika Anda sempat berhenti memakai Firefox, coba gunakan lagi. Kami pikir Anda akan merasa terkesan. Terima kasih dan beritahu kami apa yang Anda pikirkan.

Sumber : blog.mozilla.org
Diterjemahkan oleh Fauzan Alfi.