Banner

Dimo dengan Armor Firefox Quantum

Apakah kamu masih ingat maskot lucu dari Komunitas Mozilla Indonesia, Dimo? Merayakan peluncuran Firefox Quantum, kami bekerja sama dengan Petshopbox Studio, sebuah design agency di Bandung, Indonesia. Kami meluncurkan ilustrasi Dimo baru yang mengenakan armor Firefox Quantum. Dimo adalah maskot Komunitas Mozilla Indonesia, dibuat oleh Petshopbox Studio pada tahun 2016. Kita juga ada
Telegram Sticker Pack of Dimo Mascot yang bisa kamu download dengan GRATIS. Karena kita sudah ada ilustrasi Dimo yang baru ini, kita sudah menambahkannya di sticker pack Dimo. Terbanglah Dimo dan selamatkan Web! :D

Download Dimo Firefox Quantum Wallpaper

Add a comment
Selengkapnya

Firefox Quantum Wallpaper Collection

Memperkenalkan Firefox Terbaru: Firefox Quantum

Cepat. Sangat cepat. Firefox Quantum dua kali lebih cepat dari pada Firefox 6 bulan lalu, dibangun dengan mesin utama yang dibangun ulang dengan teknologi baru yang diambil dari penelitian grup yang mendalam dan dilengkapi dengan tampilan baru yang lebih cantik yang dirancang untuk memudahkan Anda melakukan apa yang biasa Anda lakukan: menjelajah banyak laman, membuka banyak tab, tanpa merasa bersalah karena Firefox Quantum menggunakan lebih sedikit memori dari pada kompetitor lainnya. Komputer Anda akan berterima kasih untuk itu.

Selengkapnya di blog.mozilla.org

Add a comment

Firefox Quantum dan Firefox Rocket Tiba di Indonesia

Jakarta, Indonesia, 7 November 2017 - Mozilla, pelopor dan penyokong untuk Open Web, dengan gembira memperkenalkan Firefox Quantum, browser baru yang menggunakan mesin Web generasi berikutnya dari Mozilla, dan Firefox Rocket, browser Android yang cepat dan ringan diciptakan khusus untuk Indonesia. Bersiaplah untuk mendapat pengalaman dari kedua browser Firefox yang telah dimodernisasi dan disesuaikan ini dan rasakan perubahan besar bersama kami.

Nikmati Performa Browsing yang Lebih Baik dengan Firefox Quantum

Oktober lalu, Mozilla mengumumkan 'Project Quantum' untuk membangun mesin web generasi berikutnya. Setelah lebih dari satu tahun pengembangan dan memperbaiki hampir 500 bug yang mempengaruhi kinerja, kami melakukan beberapa perbaikan besar pada Firefox dan menjadikannya lebih baik dari sebelumnya. Misalnya, "Quantum Compositor" telah mengurangi crash browser sekitar 10% dan fitur pengubah permainan seperti WebAssembly dan WebVR memungkinkan untuk mendapatkan kinerja super cepat dan hampir seperti aslinya untuk aplikasi web di desktop dan headset VR.

Beberapa minggu yang lalu kami mengumumkan versi Beta untuk Firefox Quantum. Dibandingkan dengan Firefox enam bulan yang lalu, Firefox Quantum 2X lebih cepat berdasarkan benchmark Speedometer 2.0. Firefox baru juga menyeimbangkan penggunaan memori dengan 30% lebih sedikit daripada Chrome.

Selain peningkatan masif pada kinerja secara keseluruhan, kami juga berfokus untuk memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik. Dengan 'Tracking Protection' dalam mode browsing private, kami mencapai 67.5 % penurunan dalam jumlah cookie set HTTP selama crawl 200 top situs berita Alexa. Karena Firefox tidak mendownload dan membuat konten dari pelacakan domain, 'Tracking Protection/Perlindungan Pelacakan' juga memiliki kinerja pengurangan median 44% pada waktu buka halaman dan pengurangan 39% penggunaan data di situs yang sama. Selain itu, sejumlah komponen Quantum ditulis dalam bahasa Rust, sebuah bahasa yang dirancang khusus untuk memastikan perlindungan terhadap beberapa jenis kerentanan keamanan besar.

Untuk mencerminkan keseluruhan peningkatan, Mozilla juga telah menyegarkan dan mendesain ulang antarmuka pengguna Firefox melalui proyek Photon kami untuk menyediakan alur desain yang cepat, lancar dan lebih cerdas. Desain minimalis yang baru memperkenalkan tab persegi, animasi halus, dan Library/Perpustakaan, yang menyediakan akses cepat ke item tersimpan milik Anda: bookmark, Pocket List, history, downloads, tabs, dan screenshot.

Firefox Rocket Khusus untuk Pengguna Indonesia

Penggunaan internet berkembang lebih cepat di Asia Tenggara dibandingkan wilayah lain di dunia dan Indonesia adalah negara ke-5 terbesar di dunia untuk jumlah pengguna Internet*1. Selain itu, Indonesia adalah negara mobile first yang hampir 70% populasinya mengakses Internet menggunakan perangkat mobile, dibandingkan 28% untuk penggunaan laptop dan desktop*2. Hal ini membuat Indonesia menjadi pasar Internet yang penting di dunia.

Dari riset pengguna internal yang dilakukan oleh Mozilla, kami menemukan sekitar 40% pengguna muda Indonesia tidak puas dengan browser mobile default mereka karena kecepatannya yang lambat. Mengingat hal ini, Mozilla mengembangkan Firefox Rocket, browser Android cepat dan ringan yang disesuaikan untuk pengguna Indonesia.

Dengan browser cepat dan ringan, pengguna bisa menghemat data dan penyimpanan pada ponsel. Selain itu, Anda bisa mengambil, berbagi konten dan browsing dengan cepat, bahkan dengan koneksi yang lambat. Ukuran APK Firefox Rocket lebih kecil dari 2.39MB, terkecil di antara browser utama. Ini akan memberi Anda waktu download aplikasi tercepat. Anda tidak hanya bisa mendownload Firefox Rocket dengan sangat cepat, Firefox Rocket juga memungkinkan Anda untuk meluncurkan aplikasi hanya dalam waktu sekitar 1 detik, kecepatan peluncuran aplikasi tercepat dibandingkan pemain utama lainnya.

Beberapa fitur utama Firefox Rocket antara lain Turbo Mode, Screenshot, Clear Cache, Storage Control, dan Block Images. Pengguna bisa melakukan browsing lebih cepat dengan Turbo Mode yang memblokir iklan untuk menyimpan data. Jika Anda ingin lebih hemat lagi, Anda dapat dengan mudah memblok loading gambar (Block Images) dan menggunakan fitur Screenshot untuk mengakses konten secara offline. Dengan Storage Control, Anda dapat menyimpan unduhan ke SD card dan mengosongkan penyimpanan ponsel dengan mudah dan menggunakan fitur Clear Cache untuk lebih banyak mengosongkan penyimpanan ponsel. Anda dapat  mengakses konten lebih cepat.

Firefox Rocket kini tersedia sekarang (hanya di Indonesia) dengan Firefox Quantum yang dirilis pada 14 November. Mozilla dengan senang hati mengundang Anda untuk menikmati perubahan besar yang telah kami buat dan mendapatkan pengalaman browsing internet yang tidak pernah ada sebelumnya.

*1  Sumber: http://www.internetworldstats.com/top20.htm
*2  Sumber: We Are Social Report, Jan, 2017.

Add a comment
Selengkapnya

Memperkenalkan Peramban Android Baru Yang Supercepat Untuk Indonesia

Firefox Rocket telah siap untuk saku Anda
Lebih cepat. Lebih ringan. Siap meluncur!

Halo Indonesia. Kami pikir berselancar di web seharusnya menjadi sesuatu yang selalu menyenangkan. Cepat. Asyik. Mudah. Terutama di ponsel Anda. Itulah mengapa kami membuat Firefox Rocket. Kami mencermati semua masalah yang Anda hadapi di ponsel. Dan kami berkata kepada diri kami sendiri: kami bisa perbaiki semuanyaaaaa.

Inilah caranya:

Ringan dan Secepat Kilat
Ukuran berkas kurang dari 3MB ditambah Mode Turbo otomatis yang berarti penjelajahan supercepat.

Menghemat Data
Memblokir gambar yang menghabiskan kuota data – dan uang Anda.

Memblokir Iklan Secara Otomatis
Ucapkan selamat tinggal kepada iklan-iklan menjengkelkan yang selalu mengikuti Anda sepanjang berselancar di Web.

Tangkapan Layar Seluruh Laman
Dalam dua ketukan, seluruh layar sudah tersimpan untuk dapat dibaca secara luring.

Tembolok di Kartu SD Anda
Hematlah ruang di ponsel Anda dengan membuat tembolok dan unduhan disimpan langsung di kartu SD.

Siap meluncur dengan peramban Android baru? Cobalah Rocket sekarang.

UNDUR FIREFOX ROCKET

Add a comment

Awali perjalanan bisnis startup kamu, di sini

Membangun sebuah startup tidaklah mudah. Ada banyak langkah yang harus dilalui. Kadang, kamu dihujani dengan banyak pertanyaan dan keraguan perihal keputusan yang harus diambil, tindakan yang harus dilakukan atau kapan memulainya.

Add a comment
Selengkapnya

Mozilla Indonesia User Testing Recruitment Survey

Mozilla akan mengadakan survei kembali. Oleh karena itu, kami membutuhkan bantuan anda untuk mendaftarkan diri pada pemilihan kandidat yang bisa membantu kami dalam survei.

Tanggal : 14-17 November 2017
Lokasi : Mozilla Community Space Jakarta
Usia : 18-25 tahun

Untuk 8 orang terpilih akan mendapatkan hadiah Voucher MAP Rp 600.000 dan T-Shirt Mozilla!

DAFTAR SURVEI SEKARANG!

Add a comment

Ayo coba Firefox Rocket Beta, browser terbaru untuk Android

Rasakan browser Android ringan dan secepat kilat
Browser cepat dan ringan, dibuat untuk Indonesia

Halo, belakangan ini kami semua di Mozilla sudah bekerja keras. Intinya, kami sadar bahwa browsing di Android masih kurang asyik. Oleh karena itu kita kembangkan cara untuk mengatasinya, mulai dari meningkatkan kecepatan hingga solusi pintar untuk menghemat data dan kuota. Kami merasa bahwa kamu akan terkejut oleh betapa ringan dan cepatnya browser baru ini. Kami tak sabar untuk mengetahui apa pendapatmu.

Maukah kamu mencoba Firefox Rocket beta? Kami akan gunakan masukan darimu untuk membuatnya jadi lebih baik.

Add a comment

Tech in Asia Jakarta 2017

Tahukah kamu, dengan jumlah penduduk lebih dari 260 juta orang, Indonesia menjadi magnet bagi banyak mata terutama investor dan pengusaha. Pasar digital yang diproyeksikan bernilai US$ 130 miliar pada tahun 2020 ini membuat sektor bisnis e-commerce naik daun. Namun sebenarnya, potensi bisnis startup dan teknologi di tanah air tidak hanya terpaut pada sektor e-commerce saja namun juga empat sektor bisnis lain. Mereka adalah fintech, layanan on-demand, cloud computing, dan software-as-a-service (SaaS).

Lalu, bagaimana sebenarnya perkembangan industri startup pada keempat vertikal tersebut? Dapatkan lebih banyak insight menarik dan temui pakar di balik industri startup dan teknologi di gelaran tahunan Tech in Asia Jakarta 2017 pada 1-2 November 2017 mendatang!

Sebagai official community partner, kami Mozilla Indonesia mengajak kamu untuk bergabung bersama di barikade paling depan Tech in Asia Jakarta 2017.

Registrasi sekarang juga dan dapatkan diskon tambahan 5% dari promo yang sedang berjalan. Gunakan kode “mozillaid” (tanpa tanda petik) saat registrasi pemesanan tiket. Tunggu apa lagi? Yuk segera reservasi kursimu melalui tautan berikut ini.

P.S Kamu juga bisa mengusung startup milikmu di Bootstrap Alley (Startup Exhibition) #tiajkt2017, di sini!

Add a comment

Firefox Mobile User Testing (Android)

Hai. Kami Mozilla. Bulan ini, Juli, kami akan menyelenggarakan beberapa sesi ujicoba untuk mendalami kebiasaan berinternet khalayak Indonesia. Sesi ini akan bertempat di Ruang Kounitas Mozilla (Mozilla Community Space) Jakarta, dan berlangsung selama 60–90 menit. Sebagai tanda terima kasih keikut sertaan kamu, kami menyediakan imbalan voucher belanja dan t-shirt Mozilla. Kamu bisa pilih tanggal dan waktu yang sesuai untuk kamu.

Berikut adalah mereka yang terpilih untuk mengikuti Mobile User Testing (Android) yang akan berjumpa langsung dengan Mozilla Staff. Selamat!

24 Juli 2017
2pm - Sitti Khansa Nabila
5pm - Dita Yulinda Putri

25 Juli 2017
2pm - Nur Annisa Hamid & Wirya Ramadhan
5pm - Ahmad Munif

26 Juli 2017
2pm - Firman Ronald H Zendato
5pm - Rina Hafizhah Utami

27 Juli 2017
2pm - Husein
5pm - Djaryati

Add a comment

Firefox Focus baru di Android, memblokir iklan yang mengganggu dan melindungi privasi Anda

Tahun lalu, kami memperkenalkan Firefox Focus, peramban baru pada iPhone dan iPad yang dirancang menjadi peramban yang cepat, sederhana, dan selalu privat. Banyak hal yang telah terjadi sejak November; dan jauh sebelum itu, kami melihat banyak konsumen yang secara aktif melindungi data pribadi dan menghemat paket data berharga mereka.

Selagi kami menyadari bahwa Focus menyediakan layanan yang berguna disaat Anda ingin menyimpan penjelajahan web untuk diri Anda sendiri, kami pun dibanjiri tanggapan - Firefox Focus menjadi peramban yang diberi rating tertinggi dari merek terpercaya pada iPhone dan iPad, serta mendapat 4.6 rating rata-rata di App Store.

Hari ini, saya sangat senang untuk mengumumkan bahwa kami meluncurkan aplikasi mobile Firefox Focus pada Android.

Seperti versi iPhone dan iPad, aplikasi Android kali ini juga bebas dari tab dan kekacauan visual lainnya, dan menghapus riwayat Anda semudah dengan sekali ketuk. Firefox Focus membuat Anda bisa menjelajah web tanpa diikuti iklan pelacak yang dikenal memperlambat pengalaman mobile Anda. Mengapa kita memblokir pelacak iklan tersebut? Karena mereka hanya melacak tingkah laku tanpa sepengahuan Anda, dan memperlambat web pada perangkat bergerak Anda.

Lihat video ini untuk mempelajari lebih jauh:

[atube]NZOpi7w7RMM[/atube]

Fitur Baru pada Android

Di Firefox Focus pada Android, kami menambah fitur-fitur berikut:

  • Penghitung iklan pelacak - Bagi mereka yang penasaran, ada penghitung yang memperlihatkan jumlah iklan yang diblokir pada setiap situs selagi menggunakan aplikasi.
  • Mematikan pemblokir pelacak - Untuk situs yang tidak dimuat dengan sempurna, Anda bisa mematikan pemblokir pelacak untuk mengembalikannya ke keadaan semula.
  • Notifikasi pengingat - Ketika Focus sedang berjalan pada background, kami akan mengingatkan Anda melalui notifikasi dan Anda dapat dengan mudah menghapus riwayat penjelahan Anda.

Untuk pengguna Android, kami juga membuat pengalaman Focus menjadi peramban baku yang keren. Karena kami mendukung kostumisasi tab dan kemampuan mematikan pemblokir iklan, Focus bekerja dengan baik dengan aplikasi lain seperti Facebook ketika Anda hanya ingin membaca artikel tanpa mau dilacak. Kami membuat Focus untuk mendukung pengalaman penjelajahan web mobile Anda, dan kami akan terus mengenalkan fitur terbaru yang membuat produk kami menjadi lebih baik. Terima kasih telah menggunakan Firefox Focus demi pengalaman penjelajahan yang lebih cepat dan privat.

Penampakan Pengaturan Firefox Focus

Anda bisa mengunduh Firefox Focus pada Google Play dan App Store.

Diterjemahkan oleh : Rizki Dwi Kelimutu

Sumber : blog.mozilla.org

Add a comment

Firefox Terbaik yang Pernah Ada

Dengan E10s, versi Firefox terbaru kami berhasil menyeimbangkan antara memori dan kecepatan.

Di tim Firefox, satu hal yang sering kami dengar dari pengguna kami adalah mereka bergantung pada Web untuk berbagai tugas yang rumit seperti penyusunan rencana wisata dan membandingkan barang belanjaan. Seringkali hal seperti itu membutuhkan banyak tab terbuka. Dan situs dan aplikasi Web yang bekerja pada tab tersebut umumnya banyak hal yang terjadi di dalamnya – animsi, video, gambar berukuran besar dan masih banyak lagi. Situs yang rumit pun semakin umum. Ukuran rata-rata situs Web hari ini adalah hampir 2,5 megabita – seukuran dengan versi asli dari permainan Doom, menurut Wired. Hingga saat ini, sebuah situs rumit di dalam satu tab Firefox dalam memperlambat tab lainnya. Ini sering kali tidak menghasilkan pengalaman menjelajah yang sempurna.

Add a comment
Selengkapnya
Halaman 1 dari 6